Sebagai Pewaris Batik, Indonesia Harus Lebih Peduli Lagi

Sebagai pemilik batik, bangsa Indonesia harus lebih peduli lagi terhadap warisan budayanya tersebut, tidak hanya batik yang kini sudah dikukuhkannya sebagai warisan pusaka dunia world heritage oleh UNESCO beberapa tahun yang lalu.

“Batik memang asli warisan budaya Indonesia, semua bahan-bahannya ada di seluruh Kepulauan Nusantara. Motifnya juga penuh dengan warna dan simbolis-simbolis budaya Hindu dan Jawa,” ungkap pakar batik dari Universitas Indonesia, Parwatri Wahyono saat berbincang dengan.

Menurutnya, kalau ada pihak yang mengklaim bahwa batik sebagai miliknya tentu saja pernyataan itu tidak benar adanya pasalnya batik adalah warisan asli budaya Indonesia. “Motif di batik memang berkaitan erat dengan budaya Indonesia,” imbuhnya.

Sebab itu, Bangsa Indonesia sebagai pemilik seni batik semestinya menghargai keberadaannya saat ini, terlebih sat ini sudah menjadi bagian warisan pusaka dunia.

“Kita harapkan sebagai pemilik harus memperkembangkan dan melestarikan budaya yang berharga ini. Sebagai bangsa yang berbudaya, kita harus lebih peduli terhadap batik ini,” tukas Parwatri.

Dia juga mengharapkan kepada pihak otoritas agar memperhatikan para perajin batik yang selalu berusaha untuk mengembangkan dan melestarikan batik, misalnya lewat pengembangan usaha kecil. “Potensi ini dapat akan mensejahterakan rakyat dengan memproduksi batik,” tutup Parwatiwi. (ivn50)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *