Potensi Bisnis Batik Tulis yang Menjanjikan

Produk berbasis budaya telah terbukti memiliki pasar tersendiri yang tak akan pernah mati. Potensi itulah yang digarap Susan Dewijanarko, pemilik usaha Lumbung Batik Purwanti, secara turun-temurun.

“Jika kita mau menghidupkan batik, kita juga akan dihidupi oleh batik,” ujar Susan belum lama ini.

Falsafah yang dianutnya itu menunjukkan betapa yakinnya Susan akan bisnis batik yang digelutinya, juga yang ditekuni entah berapa banyak pengusaha batik lainnya di Indonesia.

Diakui oleh dunia sebagai warisan budaya khas negeri ini, batik yang kaya akan nilai artistik tinggi dengan sendirinya memiliki potensi finansial yang besar. Berlokasi di Dusun Pundungrejo, Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Batik Purwanti yang didirikan oleh ibunya pada 1968 bertahan sebagai lumbung uang keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

“Saya generasi kedua di usaha ini. Bisnis ini tetap kami jalani karena memberikan lapangan kerja pada masyarakat sekitar,” papar Susan.

Susan mengatakan, batik yang diproduksinya adalah batik tulis dan batik cap. Menurut dia, workshop batiknya sengaja tidak memproduksi dan menjual batik cetak (printing) untuk menjaga komitmen nguriuri (melestarikan) batik. Susan menegaskan, bertahan pada batik tradisional tidak membuat produknya kalah oleh batik kebanyakan yang dijual di pasar-pasar.

Bahkan, jelas Susan, demi mempertahankan kualitas, bengkel batiknya selain menggunakan pewarna sintetis, juga bertahan memakai pewarna alami yang berasal dari tetumbuhan, baik berupa kayu-kayuan maupun biji-bijian. Secara keseluruhan, terdapat sembilan jenis batik yang diproduksi dari bengkel batiknya di Klaten.

Produk-produk tersebut bermacam-macam variasi, mulai dari kain, hingga beragam produk jadi berbahan mori, katun, sutera, paris, lurik, dan lainnya. Selain menghasilkan beragam model produk, Susan juga mengatakan, kelebihan dari Batik Purwanti sendiri terletak pada konsistensi warna yang dihasilkannya. (ivn58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *