Pesona Kebaya Masa Kini

konsultasi jahit kebaya


Image tradisional kini memang tidak lagi disematkan pada busana kebaya semata. Kini kebaya jauh lebih berkesan modern dan glamor.

Fenomena itu diakui oleh desainer Anne Avantie. Menurutnya, setiap tahun busana kebaya memang terus mengalami perkembangan. Tidak semata pada material bahan yang digunakan, tetapi juga dari pilihan warna, teknik penjahitan, dan masih banyak lagi faktor pendukung.

“Saking responnya bagus di mata masyarakat, kini banyak juga orang yang beralih profesi sebagai desainer kebaya. Bahkan, pertumbuhan di tahun ini saya ibaratkan seperti jamur di musim hujan,” tutur Anne Avantie saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya.

Anne sendiri tak melarang hal itu terjadi. Tapi, Anne berpendapat bahwa latah itu kurang bagus.

“Profesi itu butuh fokus dan fokus adalah satu pilihan. Biasanya bagi mereka yang tidak fokus pada pekerjaan, masanya pun akan pendek dan tidak bisa bertahan lama,” jelas desainer yang kini bergabung dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jakarta.

Desainer asal kota Semarang, Jawa Tengah ini menambahkan, seseorang yang mengikuti arus itu memang tidak memiliki ciri khas. Karena untuk bisa mencari jati diri seseorang perlu berkutat di bidangnya minimal 10 tahun.

“Selama 10 tahun itu baru hasil (imej yang mencap), belum untung. Jadi butuh waktu panjang,” jelas wanita yang dikenal ramah ini.

Lagi pula, lanjut Anne, selama 10 tahun dan seterusnya itu seseorang perlu melakukan improviasi atau bersolek. Hal ini penting untuk membentuk identitas atau jati diri seorang desainer itu sendiri.

“Improviasi itu sebagai napas desainer. Kalau tidak berimprovisasi, maka napas desainer itu berhenti. Saya juga begitu, harus terus bernapas dengan karya-karya saya,” jelasnya.

Anne melihat yang terjadi di masyarakat saat ini adalah banyak orang-orang yang menggarap kebaya cenderung “keblabasan”, sehingga kesannya jadi ekstravaganza.

“Memang setiap orang memiliki versi sendiri. Tapi yang saya lihat adalah mereka kurang mengerti batasan-batasan meracik kebaya, seperti melakukan cutting di mana-mana. Akhirnya, kebaya itu pun muncul sebagai balutan yang tidak terprogram serta acak-acakan. Padahal untuk membentuk kebaya yang cantik itu harus penuh pertimbangan dan ketelitian,” jelasnya. (ivn50)

Incoming search terms:

kebaya era soekamto (25),kebaya masakini (22),kebayakrenda/brokat (1),p0to2 kebaya masa kini (1)

Leave a reply

Untuk Konsultasi Harga & Model Silakan Hubungi Kami >>>>>>>>>>>>>>>>