Obin Perkenalkan Batik di Inggris | Penjahit Kebaya .Com (021-99001089)

Obin Perkenalkan Batik di Inggris


Pemilik rumah batik “Bin House”, Josephine W Komara, memperkenalkan batik kepada masyarakat Inggris dalam acara festival mini Indonesia yag bertajuk “Indonesia Inspired”, yang diselenggarakan Asia House London.

Lebih dari 100 orang yang memenuhi gedung Asia House termasuk Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri O Thamrin bersama Sandra Thamrin kagum dengan hasil karya Josephine Komara yang populer dengan panggilan Obin berupa batik dengan berbagai corak.

“Saya senang dapat memperkenalkan batik sebagai kebudayaan Indonesia yang sangat tinggi kepada masyarakat Inggris,” ujar Obin kepada koresponden Antara London usai mempresentasikan tentang batik.

Menurut dia, batik berasal dari Jawa memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya Jawa sejak lama dan mempunyai makna dua kata yaitu “ba” yang berarti amba atau menulis dan “tik” atau titik.

Dikatakannya tidak menjadi masalah negara tetangga Malaysia mengklaim dan mematenkan batik, karena jelas batik berasal dari Jawa, meskipun ada juga batik di Jambi dan daerah lainnya seperti batik Cirebon maupun Pekalongan.

Obin yang mengaku menggeluti batik sejak usia 17 tahun memiliki ribuan koleksi batik.

Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Thamrin mengakui bahwa Obin telah berhasil menjalankan misi diplomatik melalui Batik.

Dikatakannya, pihaknya sangat menghargai apa yang telah dilakukan Obin dengan memperkenalkan seni batik budaya kepada masyarakat Inggris yang ada di London.

Lesley Pullen, salah satu penggemar batik dan memiliki koleksi kain dari berbagai negara itu mengatakan karya karya Obin sangat unik dan memiliki ciri sendiri dan setiap karyanya memiliki nilai seni yang tinggi dan menawan. “Karya karya Obin sangat unik dan indah serta tidak ada duanya,” ujar Lesley yang  menaruh minat pada berbagai kain Indonesia.

Menurut dia, Obin mempunyai kesabaran dalam mendalami seni batik dan saya sangat mengerti cara membuat batik dan juga memiliki nilai seni yang tinggi membutuhkan waktu berbulan bulan dalam menghasilkan  satu karya.

Presentasi Obin menutup rangkaian acara Indonesia Inspired yang digelar sejak tanggal 9 Oktober lalu dengan memperkenalkan kuliner Indonesia oleh William Wongso, dan film Indonesia menampilkan Nan Achnas dengan filmnya The Photograph yang meraih penghargaan di festival film Karlovy Vary, Cek.(ivn32)

Incoming search terms:

obin kebaya (42),batik obin (35),model baju batik obin (26),obin (17),obin house (12)

konsultasi jahit kebaya

Leave a reply

Untuk Konsultasi Harga & Model Silakan Hubungi Kami >>>>>>>>>>>>>>>>