Model Kebaya Modern dari Berbagai Daerah

Berbicara tentang fashion terutama pada kebaya tentunya kita akan terbayang akan pakaian tradisional atau biasa juga dikatakan sebagaia pakaian adat yang mana tiap-tiap daerah pasti mempunyai ciri khas tersendiri, hal ini karena sangat dipengaruhi oleh kultur dan karakteristik penduduk setempat yang berbeda-beda.

Hal ini juga yang mempengaruhi dan memberikan sumbangsih atau mengimpirasi kepada para desainer kebaya untuk selalu mengembangkan model kebaya sehingga seperti yang kita lihat yang awalnya model masih sangat-sangat tradisional saat ini sudah berkembang menjadi kebaya modern. Dimana model-model kebayanya bagus dan cantik. Disini untuk mengetahui berbagai corak atau ciri khas kebaya modern dari berbagai daerah seperi, Kebaya Bali, Kebaya Sunda, dan kebaya Jakara.

Ciri Khas Kebaya Modern Bali

Obi itulah ciri khasnya, adannya selendang atau kain panjang di bagian pinggang dengan cara dililitkan pemakaiannya. Kain obi ini selain kainnya yang berwarna juga bermotif dan bertekstur. Perbedaan antara kebaya modern bali dan dengan yang tradisional bahwa model kebaya bali modern adalah pada penggunaan korset. Yang mana kalau kebaya modern bali korset disesuaikan dengan design sedangkan kebaya bali yang masih tradisional penggunaannya pada kain korset yang berwarna mencolok. Jadi Obi inilah yang membedakan kebaya bali dengan kebaya yang ada di daerah lain.

Kebaya Modern Sunda
Kebaya modern sunda banyak diproduksi di daerah bandung tepatnya didaerah padalarang disana banyak ditemui pengrajin-pengrajin kebaya sunda. Bandung banyak dikenal orang sebagai kota model ada juga yang menyebut Parisnya Indonesia, begitu juga dalam hal model kebayapun kota ini mempunyai corak dan ciri khas tersendiri. Yang mana kebaya sunda ini sangat khas dengan atasan yang terbuka satu missal mungkin pembaca pernah lihat model kebaya Sabrina. Model ini lebih mengedepankan pada keindahan bahu, seiring berjalannya waktu kebaya modern sunda mulai diadaptasikan dengan berbagai bentuk kerah yang terbuka dan tegak ini lebih dikenal dengan model drakula. Untuk perpaduan warna kebaya modern sunda kombinasinya Nampak serasi dan elegan.

Kebaya modern Jakarta
Jakarta sebagai ibu kota Indonesia ciri khas kebayannya adalah pada bordiran yang terdapat pada bagian kerah dan pergelangan tangan lebih dikenal dengan model encim, dari bahan juga tidak seperti pada kebaya dari daerah lain yang lebih di dominasi dengan bahan tile. Sedangkan kebaya modern Jakarta menggunakan bahan yang tidak transparan.(dwi31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *