Kunci Batik Indonesia Tetap Bersinar di Pentas Dunia

Untuk membuat batik semakin mendunia, dukungan dari semua lapisan masyarakat sangatlah diharapkan. Tidak hanya personal semata, tapi meliputi dukungan dari seluruh rakyat Indonesia.

Pengukuhan Unesco pada 2009 terhadap batik sebagai warisan tradisi kesenian dan kebudayaan bangsa Indonesia telah menjadi pekerjaan rumah di pundak bangsa untuk tetap membesarkan dan melestarikan batik ke pentas dunia.

Pasalnya, pekerjaan rumah itu tak berhenti sampai di situ saja. Kesinambungan dari pengakuan yang telah disahkan secara internasional perlu diwujudkan agar label yang telah susah payah didapat tersebut tak ditarik kembali.

Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan yakni bersama-sama menyukai batik dan menjadikannya sebagai busana keseharian kita.

“Saya suka batik dan saya sering memakai batik,” ucap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka World Batik Summit di JCC, Jakarta.

Bapak Presiden mengatakan, bahwa batik bisa menjadi busana keseharian karena dari awal kita suka memakainya. “Kalau semua orang Indonesia dan masyarakat dunia suka membiasakan mengenakan batik didalam keseharian, maka masa depan batik di dunia akan cerah,” pungkasnya. (ivn55)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *