Kebaya Pengantin Adat Batak Dan Perkembangannya

konsultasi jahit kebaya



Kebaya Pengantin Adat Batak Dan Perkembangannya

kebaya pengantin adat batak

Kebaya Pengantin Adat Batak – Kebaya sudah menjadi busana yang identik dipakai oleh para wanita Indonesia pada saat melakukan prosesi acara pernikahan. Tentu di Indonesia yang memiliki beragam suku dan budaya di daerah-daerah tertentu memiliki ciri khas masing-masing. Seperti pakaian pengantin yang dipakai oleh wanita Batak Karo, pada pakaian pengantin nya terdiri dari baju tutup lengan panjang dan pada bagian bawah menggunakan sarung songket yang dipadupadankan dengan kain ulos. Sedangkan pada pengantin pria Batak Toba hampir semua busana yang dipakai menggunakan kain ulos yang salah satunya diselempangkan pada kedua bahu sampai ke badan, jenis ulos yang biasanya dipakai biasanya jenis sadum dan dililit dengan ulos ragi hotang.

Sedangkan pada suku Batak Simalungun kedua pengantin menggunakan tudung kepala yang dibuat dari ulos suri-suri.  Biasanya wanita dari suku Mandailing/Angkola bila menurut ada menggunakan pakaian yang terbuat dari bulang yang di ikat pada bagian kening. Bulang yang digunakan biasanya terbuat dari emas.

Seiring waktu berjalan tampilan dari pengantin adat batak mengalami berbagai perubahan, salah satunya bisa dilihat dari pengantin pria yang lebih suka menggunakan jas modern yang dipadupadankan dengan ulos.

Untuk model kebaya pengantin yang dipakai oleh pengantin wanita lebih bervariasi, tentu warna dominan yang dipakai pada kebaya pengantin adat batak biasanya mengandung unsur warna merah dan emas, ditambah dengan perhiasan serta bunga dengan diberikan modifikasi agar pesona pengantin wanita lebih terpancar, meskipun demikian kebaya yang digunakan tidak meninggalkan ciri khas kedaerahan.

 

Incoming search terms:

model kebaya pengantin batak toba 2013 (42),kebaya pengantin batak toba 2013 (21),baju pengantin batak toba (21),model kebaya nikah batak (20),model kebaya adat batak (19)

Leave a reply

Untuk Konsultasi Harga & Model Silakan Hubungi Kami >>>>>>>>>>>>>>>>