Ibu Ani Yudhoyono Kenang Ibundanya yang Cinta Batik

Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono mengenang masa-masa mudanya waktu dahulu ketika sang ibunda memberikan pakaian daster bernuansa batik untuk anak-anaknya.

Ibunda beliau pun sangat mencintai batik sejak dahulu, bahkan dari perangkat rumah tangga yang berbahan kain pun, seperti bed cover dan serbet semuanya bernuansa batik.

“Saat saya masih muda dahulu, ibunda saya memberikan kami selaku putri-putrinya daster bernuansa batik. Serbet hingga bed cover di rumah kami saat itu juga bernuansa batik,” ungkap Istri orang nomor satu di Indonesia itu, dalam sambutannya di acara The Batik Essays a Collection of Love Stories, di Alun-Alun Grand Indonesia Shopping Center.

Beliau juga mengenang saat beliau menikah secara serempak dengan kakak dan adiknya. “Saya memang menikah saat itu secara berbarengan entah karena alasan efisien atau apa saat itu,” ujarnya, dibarengi tawa ringan para hadirin sambil menyimak sambutan beliau.

Dijelaskannya, saat menikah dengan bapak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 1976 silam, dirinya berbarengan dengan kakaknya yang berjodoh dengan Letnan II, sedangkan beliau menikah dengan SBY saat menjabat menjadi Letnan I, sedangkan adiknya berjodoh seorang Kapten.

“Jadi saat menikah dulu malah terbalik, kakak saya mendapatkan Letnan II, saya bersama Bapak (Presiden SBY) saat itu masih Letnan I, sedangkan adik saya berjodoh seorang Kapten, yang semuanya berjodoh dengan seorang militer,” kenangnya.

Diharapkan, rasa kebanggaan memiliki batik senantiasa terus ditumbuh kembangkan olehnya. Kini batik sudah naik kelas, kalau dulu orang pakai batik malah dianggap ndeso atau kampungan. Kini justru batik telah menjadi kebanggaan. Bahkan kini batik sudah menjadi salah satu dress code tak hanya pada gelaran resmi pemerintah, tetapi juga para selebriti. (ivn56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *