Gemerlap Batik Chossy Latu yang Memukau | Penjahit Kebaya .Com (021-99001089)

Gemerlap Batik Chossy Latu yang Memukau


Tidak banyak seorang perancang  asal Indonesia yang mengangkat batik di dalam koleksi tahunannya. Yang selalu diingat orang adalah Iwan Tirta yang mengajak Chossy Latu untuk mewujudkan kain batiknya ke dalam gaun mewah.

Setelah lama menunggu Iwan Tirta tidak membuat pergelaran busana, Chossy Latu memperlihatkan interpretasinya tentang batik dan tenun dalam busana modern Indonesia pada Rabu (12/3) malam tadi di Hotel Mulia Jakarta, dalam tema ”Malam”.

Melalui ”Malam”, Chossy ingin sekali memperlihatkan batik juga dapat tampil mewah, sejajar dengan tekstil berkelas lain nonbatik. Dalam warna yang dominan hitam dan putih, gaun bermotif batik dari batik tulis itu tampil megah dan modern.

Percikan prada emas memberi sentuhan kemewahan dan kesan anggun, tanpa jadi berlebihan. Apalagi ketika model dari era tahun 1970-an, Sarita, membawakan gaun pengantin sebagai penutup pergelaran. Gaun putih itu tampak dramatis dengan motif bunga besar dalam prada emas di bagian bawah rok dan penutup rambut menyapu lantai dalam yang motif sama.

Dalam 71 setel gaun, lebih dari 40 setel dibuat dari batik atau menggunakan batik sebagai fokus walau itu berupa selendang yang dipadukan dengan gaun hitam.

Chossy mengemas batik dalam latar hitam sebagai kanvas untuk motif bunga, daun, dan sulur berukuran besar dalam warna putih sebagai unsur dekoratif dikemas Chossy, dalam gaya rancangan khasnya yang elegan dan sederhana.

Terkadang, muncul sapuan warna merah, oranye, atau hijau. Chossy memilih menampilkan kain batik itu dalam gaun malam pundak terbuka, bergaya empire, sebagai jaket panjang lurus atau jaket longgar berkancing satu, atau sebagai gaun cocktail.

Pengaruh Iwan Tirta

Sudah lama Chossy mengatakan, sebagai perancang yang selama 15 tahun bersama Iwan Tirta, dia tidak dapat melepaskan diri sama sekali dari pengaruh Iwan Tirta.

”Dia adalah guru saya. Saya sudah belajar banyak dari Mas Iwan. Saya melihat sendiri bagaimana dia terus bereksperimen, antara lain membatik di atas bahan sutra, wol, dan beludru,” ujar Chossy. Malam itu secara khusus Chossy memberi penghargaan kepada mentornya itu. (ivn01)

Incoming search terms:

model baju batik alleira (66),model busana batik (33),batik iwan tirta (23),model baju batik iwan tirta (23),Chossy latu (22)

konsultasi jahit kebaya

Leave a reply

Untuk Konsultasi Harga & Model Silakan Hubungi Kami >>>>>>>>>>>>>>>>