Gaun Pesta

gaun pestaGaun Pesta

Gaun pesta merupakan sebuah gaun istimewa yang dikenakan pada waktu istimewa. Beberapa wanita akan mengenakan satu gaun untuk menghadiri satu pesta dan tidak mengenakannya lagi ketika menghadiri pesta yang lain. Tentu saja para wanita ini menginginkan sesuatu yang berbeda dan unik untuk setiap gaun mereka. Siapa yang tidak mau jadi pusat perhatian dalam satu pesta? Disinilah peran gaun pesta, mereka akan memberikan nilai prestise tersendiri bagi para pemakainya.

Baju pesta sudah ada sejak pertama kali pesta diadakan di muka bumi ini, yaitu beberapa abad sebelum masehi.  Dalam perkembangannya, setiap masa akan memberikan ciri khas tersendiri dari setiap model. Perkembangan kebudayaan dan peradaban juga berpengaruh pada model gaun pesta. Pada kenyataannya, gaun ini memiliki nilai yang memisahkan status sosial seseorang.  Ketika hampir semua negara masih berbentuk kerajaan dan atau kekaisaran, hanya anggota kerajaan dan para bangsawanlah yang dapat memiliki dan mengenakannya.

Di masa modern, hal tersebut tidak lagi terlalu ekstrim, revolusi nilai-nilai budaya dalam masyarakat sangat berpengaruh dalam nilai dari sebuah gaun pesta. Namum demikian perannya dalam prestise dan lambang status sosial seseorang dalam masyarakat masih tetap melekat. Desain baju pesta pun berkembang dengan pesat. Kesan mewah, elegan, gemerlap dan eksklusif adalah syarat utamanya. Beberapa desain akan disesuaikan dengan jenis pesta yang akan dihadiri. Misalnya untuk menghadiri sebuah pesta kebun, Anda tidak mungkin menggunakan gaun panjang gemerlap dengan banyak payet dan pita. perbedaan waktu pengadaan pesta juga akan mempengruhi jenis baju pesta yang harus digunakan.

Gaun Pesta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *