Batik Indonesia Kaya Akan Motif & Warna

Batik memang sudah terlanjur dipatenkan sebagai milik negeri jiran Malaysia. Namun batik Indonesia tetap kaya akan motif, warna, dan selalu dikemas dengan filosofi yang tinggi dan berkualitas.

Begitulah pandangan serta pendapat  dari kenamaan desainer Ghea Panggabean dalam memposisikan batik Indonesia terhadap batik buatan Malaysia. Menurutnya, para desainer ataupun pengrajin batik di Indonesia tidak perlu takut dan menganggap hal itu sebagai ancaman karena pada dasarnya batik memang asli warisan budaya bangsa Indonesia.

“Saya mengerti dengan kondisi tersebut. Tapi kita tak perlu takut, karena batik Indonesia itu jauh lebih unggul secara kualitas dan kuantiatsnya,” tutur Ghea yang ditemui seusai menggelar pergelaran busana “Lintas Generasi Kartini Masa Kini”, di Grand Indonesia.

Desainer yang rutin menggelar pergelaran busana di Malaysia itu menuturkan, batik di Indonesia itu jumlahnya banyak dan tersebar di setiap daerah. Berbeda dengan Malaysia yang batiknya hanya satu pilihan, yaitu batik Malaysia.

“Saya pribadi tidak begitu mempermasalahkan hal demikan, pasalnya memang batik kita berbeda dengan negeri  tetangga tersebut. Paling yang menjadi perhatian kita adalah lebih kreatif menampilkan karya-karya apik. Karena tak dipungkiri di bidang fashion itu persaingannya begitu ketat,” jelas desainer yang sudah berkarya di bidang rancang busana selama 31 tahun ini.

Sang desainer menambahkan, dengan banyaknya orang yang memakai batik, maka secara tidak langsung Indonesia makin dikenal oleh dunia. “Saya bangga kalau tiba-tiba Armani pakai batik dalam koleksinya. Indonesia tentu saja akan makin dilirik oleh desainer-desainer top dunia,” tutupnya. (ivn53)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *