Angun Dan Elegant Kebaya Modern

Kebaya modern dikreasikan sejak tahun 1990-an seiring dengan munculnya para perancang busana muda yang merasa tergugah dan tertarik untuk mengolah bentuk dan gaya unik kebaya dalam rancangan mereka. Sejak saat itulah mulai banyak dibuat aneka kreasi dan modifikasi kebaya menjadi kebaya modern yang terilhami oleh bentuk baju kebaya klasik dan hasilnya sungguh sangat luar biasa.

Beranekaragaman  model kebaya modern banyak menghiasi halaman majalah mode. Selain itu, para perancang busana juga tanpa sungkan dan malu untuk mulai meperkenalkan kebaya modern hasil rancangan mereka ke kancah dunia mode internasional dengan cara menggelar fashion show khusus kebaya di beberapa negara besar di dunia.

Bila sebelumnya kebaya hanya terbuat dari bahan tenunan serat alami, katun halus atupun sutera, kini kebaya modern banyak yang dibuat dari berbagai bahan alternatif, seperti lace, kain shantung hingga berbagai jenis tenunan yang belum dikenal saat itu (seperti serat nanas dan serat pisang). Bahkan ada juga kebaya modern yang terbuat dari perpaduan berbagai unsur dan bahan seperti logam, kristal, serta beragam manik-manik dan kerang, atau bahkan ada juga yang dihiasi dengan lukisan tangan.

Kebaya modern bisa dibilang merupakan hasil metamorfosa dari sebuah model kebaya klasik. Kebaya modern bisa menampilkan sebuah keanggunan yang modern dan eksotik. Kebaya modern juga memiliki fungsi yang lebih serbaguna bila dibanding dengan kebaya klasik, misalnya kebaya modern dengan gaya casual yang bisa dikenakan untuk keperluan sehari-hari, baik pada suasana santai maupun untuk menghadiri acara setengah formal.

Kebaya bergaya casual dan luwes berdasarkan jenis bahan yang digunakan. Kebaya modern dengan bahan katun akan lebih nyaman dikenakan sehari-hari. Kebaya modern model ini akan tampak lebih modis bila dipadukan dengan celana panjang baik dari bahan jeans maupun thai silk.

Salah satu faktor yang membuat kebaya modern jauh lebih diminati oleh kalangan muda adalah fenomena kemunculan kebaya pesta, yaitu sebuah gaya busana yang menggunakan bentuk dasar kebaya namun diaplikasikan menjadi baju yang memadukan imajinasi etnik tradisional yang unik dengan eksplorasi gaya fashion modern.

Salah satunya adalah beragam bentuk kebaya eksotik yang banyak dikenakan sebagai baju idaman yang dikenakan oleh perempuan kita masa kini sebagai busana yang dianggap istimewa pada hari pernikahan mereka.(dwi07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *